Yasinan Bersama

Salah satu program kerja UKM Forkis Madani adalah yasinan bersama. 

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang diperoleh dari Yasin :

  1. Kesejahteraan bagi siapapun yang mengamalkan dan membaca surat Yasin

Siapa yang tidak membutuhkan kesejahteraan di dalam hidup? Pastilah anda semua mengidamkan segala macam kesejahteraan di dalam hidup anda. salah satu kesejahteraan yang paling diidamkan oleh kebanyakan orang adalah kesejahteraan dalam bidang spiritual, yang merupakan kesejahteraan dalam hal lebih dekat dengan sang Ilahi. Ada beberapa tokoh yang menyebutkan bahwa apabila anda membaca yasin setelah melakukan wudhu dan membaca surat Yasin sebelum waktu magrib tiba, maka Allah akan memberikan rahmat dan kesejahteraan bagi anda yang melakukan perbuatan tersebut.

  1. Memperpanjang umur

Surat Yasin dipercaya dapat memperpanjang umur dan menghindarkan orang dari umur pendek. Dengan rajin membaca dan mengamalkan surat Yasin, maka niscaya anda akan memiliki rahmat dari Allah dan dapat memperpanjang umur anda.

  1. Menjadi lebih dekat dengan Tuhan sang Pencipta

Yasin merupakan salah satu surat yang ada di dalam Al-Quran, dimana ketika seseorang berhasil membaca, memahami dan mengamalkan apa yang ada di dalam surat tersebut, maka akan membuat seseorang menjadi lebih dekat dengan Tuhan sang pencipta. Apabila anda menjadi lebih dekat dengan Sang Pencipta, maka anda akan mengalami :

  • Memiliki rasa syukur
  • Selalu ikhlas dan tanpa pamrih ketika melakukan sesuatu
  • Tidak mudah menyerah dan menyesal
  • Selalu ingin berbuat kebaikan dan menolong sesame
  • Mampu meninggalkan hal – hal yang bersifat duniawi
  • Mencapai identitas spiritual yang tinggi
  1. Dapat memahami Al-Quran

Manfaat lain dari Yasin ialah dapat memahami Al-Quran. Beberapa tokoh menyatakan bahwa Yasin merupakan jantng dari Al-Quran dan merupakan salah satu surat yang penting dalam Al-Quran. Dengan membaca dan mempelajari surat Yasin, anda bisa memahami tentang keseluruhan isi dari Al-quran

  1. Menambah pengetahuan mengenai ilmu keagamaan

Surat Yasin juga bermanfaat bagi anda yang sedang mempelajari mengenai ilmu keagamaan, terutama agama Islam. Di dalam surat Yasin terdapat berbagai kejadian – kejadian yang berhubungan dengan sabda – sabda serta hal – hal yang menyangkut tentang ilmu agama Islam.

  1. Berada pada jalan yang benar

Ketika anda membaca Surat Yasin, itu berarti anda sudah berada pada jalan yang benar, dan tidak melenceng dari kehidupan spiritualitas yang anda miliki. Karena itu surat yasin juga bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasa spiritual dan kondisi spiritualitas yang anda miliki.

  1. Menambah pahala dan ganjaran
 

Manfaat lainnya dari surat Yasin adalah dapat memberikan pahala dan ganjaran yang berlebih bagi siapapun yang membacanya. Dengan membaca surat Yasin maka niscaya anda akan mendapatkan pahala dan berkah yang lebih serta ganjaran yang baik bagi kehidupan anda.

  1. Mendoakan dan menghormati mereka yang sudah meninggal

Salah satu manfaat lain dari surat yasin yang sering digunakan ialah surat yasin dapat dibacakan ketika berada pada acara peringatan dan penghormatan terhadap saudara – saudara kita yang sudah tiada. Dengan membacakan surat Yasin, maka diharapkan pahala dan berkah bagi mereka yang didoakan, dan bagi kita yang mendoakan akan bertambah sehingga terbebas dari neraka.

  1. Diberikan kemudahan

Ketika anda membaca dan mengamalkan surat Yasin, maka anda pun akan merasakan manfaatnya, yaitu anda akan diberikan kemudahan dan kelancaran dalam segala hal yang anda lakukan. Ddengan diberikannya kelancaran dan kemudahan ini, maka segala halangan dan rintangan yang kemungkinan akan menghadang pun dapat anda lewati dengan mudah

  1. Menjadi pribadi yang lebih baik

Tidak ada hal di dalam Al-Quran yang memerintahkan anda untuk menjadi orang yang jahat. Termasuk surat Yasin. Dengan membaca dan mengamalkan surat Yasin, maka anda akan menjadi pribadi yang lebih baik dimata Tuhan dan di mata masyrakat sekitar.