DUA KALIMAT ASING DALAM LAGU KHAS STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Non scholae, sed vitae discimus

Non schole, sed vitae discimus adalah sebuah kalimat dalam bahasa Latin yang artinya: “Kita belajar bukan untuk sekolah melainkan untuk hidup”. Pepatah ini berasal dari Seneca, seorang filsuf dan pujangga Romawi. Kutipan ini asalnya dari buku Epistulae morales ad Lucilium 106, 11–12, di mana Seneca melontarkan kritiknya terhadap sekolah-sekolah filsafat dalam masanya hidup.

Soli Deo gloria

Soli Deo gloria adalah salah satu istilah ungkapan iman yang dicetuskan teolog Kristen pada abad reformasi, abad 16-17. Arti dari istilah ini adalah hanya Tuhan yang dimuliakan atau pujian hanya bagi Tuhan. Ungkapan ini diadopsi dari Alkitab, misalnya dari doksologi(bagian dari doa umat Kristen) dalam Roma 2:36 yang ditulis oleh Paulusdan dari Mazmur 115 yang dikutip oleh Johann Sebastian Bach(salah satu komponis abad 18) dalam karyanya. Dalam teologi Kristen, Soli Deo gloria merupakan pengakuan manusia terhadap kebesaran kuasa Tuhan. Allah tidak ada yang menandingi, sehinga hanya Allah yang layak dipuji dan disembah. Juga dalam Titus 2:13.

Soli Deo Gloria diketahui dimunculkan oleh Kalvin. Jika Luther mencetuskan sola fide (iman adaah merupakan anugerah), maka Kalvin dengan Soli Deo Gloria mencoba lebih rasional, bukan hanya abstraksi agar umat tertidur dalam arti sudah mendapat anugerah lalu tidak melakukan apa pun untuk memperoleh keselamatan. Soli Deo Gloria adalah wujud ungkapan iman di mana manusia diciptakan untuk memuliakan Tuhan.

Contoh nyata yang dipakai untuk melakukan ungkapan iman ini adalah seperti Paulus yang memuliakan Tuhan dengan bertahan dalam penganiayaan orang-orang Romawi. Hal ini juga disambut baik oleh Ignatius Loyola, tokoh dari kubu Katolik yang membela prinsip-prinsip lama dari penentangan reformasi yang berujud protestantisme. Namun hal ini diperjelas oleh Loyola dengan memberikan tugas yang kongkret bagi umat Kristen untuk menjadi umat yang membawa misi Tuhan dalam berbuat baik dan menyelamatkan duniaDi situlah keselamatan bukan hanya menjadi anugerah yang diterima cuma-cuma, tetapi harus diusahakan atau dibarengi dengan perbuatan iman. Jadi tindakan keselamatan dilakukan Allah dan dan manusia secara bersama-sama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *