Wabup Lepas Kontingen Sintang

Wakil Bupati Sintang, Askiman bersama Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Sintang, Hendrika melepas kontingen Sintang untuk berangkat ke Popda Kalbar.

Sebelum melakukan pelepasan, wakil bupati menyampaikan beberapa pesan kepada para peserta, Askiman mengatakan dalam sebuah kesuksesan di bidang keolahragaan untuk mengikuti sebuah kompetisi harus ada rasa kebersamaan.Para peserta yang mengikuti kompetisi Popda di Kota Pontianak harus saling menjalin rasa hubungan persahabatan, memiliki jiwa yang kuat antara kontingen Sintang ini, juga kita harus bersatu, jangan ada perselisihan dalam ikut berpartisipasi di kancah Popda tingkat Provinsi Kalimantan Barat.

Menurut Askiman sebagai olahragawan, atlet peranan yang paling penting yang harus dilakukan ialah menjaga fisik, menguatkan mental dan harus displin waktu. “Dengan tiga point tersebut harus bisa dilakukan mengingat kita ini adalah atlet olahraga yang membawa nama baik Kabupaten Sintang, tidak dipungkiri juga kita harus bisa menunjukan kepada atlet yang berasal dari kabupaten lain kita harus bersikap sopan, memiliki nilar norma moral, norma agama, tetap jaga semuanya agar kita dapat meraih kemenangan sehingga saya yakin kalian adalah orang yang terbaik dibidang olahraga dengan membawa nama baik Kabupaten Sintang,” kata Askiman.

Askiman menambahkan, semua cabang olahraga yang diikutsertakan harus memiliki strategi yang cerdik, memilki teori saat bertanding, sebab semuanya akan terencana terukur kemampuan dan akan menang kalau saling memahami strategi yang di berikan pelatih. Kedepannya Pemkab Sintang akan memperbaiki sarana prasarana olahraga di Sintang.

“Saya berpesan kepada tim official untuk selalu memberikan bimbingan kepada peserta lomba dimana mereka juga adalah anak kita sendiri, ciptakan suasana kekeluargaan, kepada tim juri wasit berikanlah pemahaman materi dan praktek yang tepat dengan ketentuan aturan main yang ada di dalam cabang olahraga itu masing-masing sehingga nantinya mereka dapat menerapkan aturan tersebut ketika bertanding, kepada para pelatih berikan pembukaan pelatihan yang tepat sesuai dengan bidangnya, berikan mereka ketegasan dalam kedisiplinan,” ujarnya.

Menurut Askiman, perbuatan yang perlu untuk para peserta harus bisa menjaga fisik, karena fisik itu perlu latihan, atur dengan baik pola makan, atur juga pola tidur,  harus bisa mengikuti disiplin waktu yang diberikan oleh para pendamping, pelatih dan official, dan yang paling penting adalah selalu berdoa dan beribadah kepada Tuhan.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata, Hendrika mengatakan Kabupaten Sintang mengirim sebanyak 44 peserta kontingen pada Popda tingkat Provinsi Kalimantan Barat, yang dimana 44 peserta tersebut terdiri dari official, pelatih dan atlet,dengan mengikuti 5 cabang olahraga yaitu atletik, voli pasir, renang, karate dan taekwondo, sementara itu Kabupaten Sintang tidak mengikuti 1 cabang olahraga yaitu tinju karena tidak ada atletnya,” kata Hendrikus.

Hendrika menambahkan, Popda dilaksanakan dari tanggal 24 Juli 2017 hingga 28 Juli 2017, dan para peserta official dan pelatih menginap di asrama haji Pontianak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *