tujuan, hikmah dan manfaat buka bersama

Kegiatan buka puasa bersama tampaknya sudah menjadi tradisi pada banyak kalangan. Mulai dari buka bersama keluarga besar, kawan, kolega ataupun grup komunitas tertentu. Acara ini tidak mesti berlangsung di restoran atau mall namun, acara ini juga dapat berlangsung dimana saja termasuk kampus. Mari kita teliti bersama apa saja sih tujuan, hikmah dan manfaat buka bersama ini.

Tujuan berbuka puasa bersama:

Buka puasa bersama bukan sekedar temu kangen dan bersorak sorai bersama kolega, namun lihatlah ini sebagai momen untuk menyambung tali silaturahmi yang telah lama terputus dari kawan lama atau saudara jauh misalnya. Adapun perkara menjalin silaturahmi ini sangat penting bagi umat muslim, seperti berikut ini:

Dari Abu Ayyub Al Anshori, Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah ditanya tentang amalan yang dapat memasukkan ke dalam surga, lantas Rasul menjawab,

تَعْبُدُ اللَّهَ لاَ تُشْرِكُ بِهِ شَيْئًا ، وَتُقِيمُ الصَّلاَةَ ، وَتُؤْتِى الزَّكَاةَ ، وَتَصِلُ الرَّحِمَ

Sembahlah Allah, janganlah berbuat syirik pada-Nya, dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat, dan jalinlah tali silaturahmi (dengan orang tua dan kerabat).” (HR. Bukhari no. 5983)

Dari Abu Bakroh, Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَا مِنْ ذَنْبٍ أَجْدَرُ أَنْ يُعَجِّلَ اللَّهُ تَعَالَى لِصَاحِبِهِ الْعُقُوبَةَ فِى الدُّنْيَا – مَعَ مَا يَدَّخِرُ لَهُ فِى الآخِرَةِ – مِثْلُ الْبَغْىِ وَقَطِيعَةِ الرَّحِمِ

Tidak ada dosa yang lebih pantas untuk disegerakan balasannya bagi para pelakunya [di dunia ini] -berikut dosa yang disimpan untuknya [di akhirat]- daripada perbuatan melampaui batas (kezhaliman) dan memutus silaturahmi (dengan orang tua dan kerabat)” (HR. Abu Daud no. 4902, Tirmidzi no. 2511, dan Ibnu Majah no. 4211, shahih)

Abdullah bin ’Amr berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

لَيْسَ الْوَاصِلُ بِالْمُكَافِئِ ، وَلَكِنِ الْوَاصِلُ الَّذِى إِذَا قَطَعَتْ رَحِمُهُ وَصَلَهَا 

Seorang yang menyambung silahturahmi bukanlah seorang yang membalas kebaikan seorang dengan kebaikan semisal. Akan tetapi seorang yang menyambung silahturahmi adalah orang yang berusaha kembali menyambung silaturahmi setelah sebelumnya diputuskan oleh pihak lain.” (HR. Bukhari no. 5991)

Jadi marilah kita perbaiki pandanga kita mengenai acara buka puasa bersama yaitu dengan niat ikhlas untuk menjalin silaturahmi.

 

Manfaat berbuka puasa bersama:

Memperkuat Tali Silaturahmi

Manfaat yang sangat  terlihat jelas dari acara buka puasa bersama semacam ini adalah untuk memperkuat ikatan atau hubungan silaturahmi antara keluarga besar maupun dengan teman-teman yang diundang. Kadang memang tidak disadari bahwa Anda telah menyakiti perasaan keluarga maupun teman, sehingga melalui acara semacam ini akan memberikan kesempatan luas untuk memperbaiki ketidaknyamanan hubungan yang ada sebelumnya. Suasana bahagia dan keakraban mampu memperbaiki hubungan silaturahmi yang sebelumnya sempat memburuk atau terputus. Tentunya hal ini sekaligus memperkuat tali silaturahmi yang ada.

Reuni

Biasanya acara reuni menjadi alasan terbesar yang menjadikan orang-orang sibuk mengadakan acara buka puasa dengan mengundang teman-teman yang lama tidak bertemu. Contohnya, seperti mengundang teman-teman SD, SMP atau SMA yang sudah selama bertahun-tahun tidak bertemu dengan beragam alasan, mulai dari berbeda kota hingga kesibukan satu sama lain. Dengan buka puasa bersama, ini memberikan kesempatan Anda dan teman-teman untuk mengetahui kabar satu sama lain dan bahkan ikatan silaturahmi juga menjadi semakin kuat. Biasanya mereka yang menyempatkan diri untuk hadir baru saja tiba dari luar kota dan ingin merayakan lebaran bersama keluarga di kota tersebut. Namun, ada juga beberapa yang mungkin akhirnya mendapatkan kesempatan bertemu teman-teman lama karena di bulan puasa seperti ini lebih banyak waktu luang yang tersedia.

Sarana Interaksi Positif

Selama bulan puasa umat Muslim diajarkan  untuk dapat meninggalkan berbagai perbuatan yang sia-sia serta tidak bermanfaat. Anda juga dianjurkan menambah amal perbuatan melalui tindakan sunah dan juga bermanfaat. Untuk berbuka bersama sendiri menjadi sarana yang sangat baik dilakukan di saat bulan Ramadhan mengingat acara ini memberikan kesempatan besar bagi Anda dan orang-orang yang terlibat di dalamnya untuk saling berbagi rezeki melalui silaturahmi yang semakin kuat terjalin.

Berbagi Rezeki

Seperti yang disinggung di atas, mengadakan buka puasa bersama secara tidak langsung membuat Anda saling berbagi rezeki dengan orang-orang yang menghadiri acara tersebut. Mengapa demikian? Karena untuk mengadakan sebuah acara yang cenderung berskala besar semacam ini Anda harus menyediakan makanan dan minuman yang jumlahnya juga tidak sedikit. Baik hanya makanan ringan dengan minum atau takjil maupun berbuka dengan menu makanan berat seperti lauk dan nasi. Hal semacam ini juga berlaku jika acara berbuka yang digelar terdiri dari panitia dengan tujuan reuni bersama dengan teman-teman lama. Berkah rezeki akan tercurah di bulan Ramadan untuk dapat menyediakan acara tersebut. Meskipun terkesan tidak begitu besar terlihat, namun berbagi rezeki dengan cara ini di bulan Ramadan menjadi ibadah tersendiri yang akan semakin menyempurnakan puasa Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *